Selasa, 06 Mei 2014

Metode Penelitian Skripsi pengembangan LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK atau LEMBAR KERJA SISWA

Model pengembangan merupakan dasar untuk mengembangkan produk yang akan dihasilkan. Model pengembangan dapat berupa model prosedural, model konseptual, dan model teoritik. Model Pengembangan yang akan digunakan peneliti untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis lingkungan berupa model prosedural. Model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan bahan ajar cetak berupa LKPD berbasis lingkungan.
Prosedur Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik 

Adapun langkah-langkah model prosedural yang ditempuh untuk menghasilkan bahan ajar cetak berupa LKPD berbasis lingkungan, yaitu :
1)         Analisis Kurikulum

       Analisis kurikulum dimaksudkan untuk menentukan materi yang memerlukan bahan ajar LKPD.  Dalam menentukan materi ini, juga dianalisis dengan cara melihat materi pokok dan pengalaman belajar dari materi yang diajarkan, kemudian kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik. Berikut matriks analisis kurikulum.
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas                           : X
Semester                      : II
Standar Kompetensi   :  4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem,
perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan
ekosistem.
Kompetensi dasar
Indikator
Materi Pokok
Pengalaman belajar
Jenis bahan ajar
4.1 Mendeskripsikan
peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia
serta pemanfaatan komponen ekosistem
bagi kehidupan.
·   Menyebutkan komponen ekosistem dari hasil pengamatan.
·   Mendeskripsikan hubungan antara komponen biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya
·   Menjelaskan mekanisme aliran energi pada suatu ekosistem.
·   Menjelaskan faktor-faktor pendukung terjadinya keseimbangan ekosistem.
·   Mengisi keterangan pada bagan  daur biogeokimia, seperti air, karbon, nitrogen, sulfur, posfor sesuai pada tayangan , macro media flash.
1.  Komponen ekosistem
2.  Aliran energi
3.  Daur  biogeokimia
·  Melakukan pengamatan komponen ekosistem yang ada di lingkungan

Buku,
LKPD
1)        Menyusun peta Kebutuhan LKPD
       Peta kebutuhan LKPD sangat diperlukan guna mengetahui jumlah dan urutan LKPD yang harus ditulis. Urutan LKPD ini sangat diperlukan dalam menentukan prioritas penulisan. Diawali dengan analisis kurikulum dan analisis sumber belajar  maka akan disusun menjadi tiga LKPD, sesuai dengan materi pokok.
2)        Menentukan judul-judul LKPD
Judul LKPD ditentukan atas dasar kompetensi-kompetensi dasar dan materi-materi pokok dalam kurikulum. LKPD yang disusun terdiri dari tiga judul yaitu: Komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia.
3)        Penulisan LKPD
Penulisan LKPD dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
(1)    Perumusan kompetensi dasar yang harus dikuasai
       Rumusan kompetensi dasar pada  LKPD langsung diturunkan dari buku kurikulum KTSP.
(2)    Penyusunan Materi
       Materi LKPD sangat tergantung pada kompetensi dasar yang akan dicapai. Materi LKPD  berupa informasi pendukung, yaitu gambaran umum atau ruang lingkup substansi yang akan dipelajari. Materi diambil dari berbagai sumber seperti buku, majalah dan internet. Tugas-tugas ditulis secara jelas guna mengurangi pertanyaan dari peserta didik tentang hal-hal yang seharusnya peserta didik dapat melakukannya, misalnya tentang tugas diskusi. Judul diskusi diberikan secara jelas dan didiskusikan dengan siapa, berapa orang dalam satu kelompok diskusi dan berapa lama.
(3)    Struktur LKPD
       Struktur LKPD yang akan disusun adalah sebagai berikut:
a.       Petunjuk belajar
b.       Dasar teori
c.       Kompetensi dasar
d.      Topik
e.       Tujuan
f.        Alat dan Bahan
g.       Langkah kerja
h.       Tabel pengamatan
i.         Pertanyaan
j.         Kesimpulan
(d)   Menentukan alat penilaian

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More