Model pengembangan merupakan dasar untuk mengembangkan produk
yang akan dihasilkan. Model
pengembangan
dapat berupa model prosedural, model konseptual, dan model teoritik. Model
Pengembangan yang akan digunakan peneliti untuk mengembangkan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis lingkungan berupa model prosedural.
Model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif, menunjukkan
langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan bahan ajar cetak berupa
LKPD
berbasis lingkungan.
Prosedur Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
Adapun
langkah-langkah model
prosedural yang ditempuh untuk menghasilkan bahan ajar cetak berupa LKPD berbasis lingkungan, yaitu :
1)
Analisis
Kurikulum
Analisis kurikulum dimaksudkan untuk
menentukan materi yang memerlukan
bahan ajar LKPD. Dalam menentukan
materi ini, juga dianalisis dengan
cara melihat materi pokok dan pengalaman belajar dari materi yang diajarkan, kemudian kompetensi yang harus
dimiliki oleh peserta didik. Berikut
matriks analisis kurikulum.
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas :
X
Semester :
II
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem,
perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam
keseimbangan
ekosistem.
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pengalaman belajar
|
Jenis bahan ajar
|
4.1 Mendeskripsikan
peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia
serta pemanfaatan komponen ekosistem
bagi kehidupan.
|
· Menyebutkan komponen ekosistem dari hasil pengamatan.
· Mendeskripsikan hubungan antara komponen biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya
· Menjelaskan mekanisme aliran energi pada suatu ekosistem.
· Menjelaskan faktor-faktor pendukung terjadinya keseimbangan ekosistem.
· Mengisi
keterangan pada bagan daur biogeokimia,
seperti air, karbon, nitrogen, sulfur, posfor sesuai pada tayangan , macro media flash.
|
1. Komponen
ekosistem
2. Aliran
energi
3. Daur biogeokimia
|
· Melakukan
pengamatan komponen ekosistem yang ada di lingkungan
|
Buku,
LKPD
|
1)
Menyusun
peta Kebutuhan LKPD
Peta kebutuhan LKPD sangat diperlukan guna mengetahui jumlah dan urutan LKPD yang harus ditulis. Urutan LKPD ini sangat diperlukan dalam menentukan prioritas penulisan. Diawali dengan analisis kurikulum dan analisis sumber belajar maka akan disusun menjadi tiga LKPD, sesuai dengan materi pokok.
2) Menentukan judul-judul LKPD
Judul LKPD ditentukan atas dasar kompetensi-kompetensi dasar dan materi-materi pokok dalam kurikulum. LKPD yang disusun terdiri dari tiga judul yaitu: Komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia.
3) Penulisan LKPD
Penulisan LKPD dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
(1) Perumusan kompetensi dasar yang harus dikuasai
Rumusan kompetensi dasar pada LKPD langsung diturunkan dari buku kurikulum KTSP.
(2) Penyusunan Materi
Materi LKPD sangat tergantung pada kompetensi dasar yang akan dicapai. Materi LKPD berupa informasi pendukung, yaitu gambaran umum atau ruang lingkup substansi yang akan dipelajari. Materi diambil dari berbagai sumber seperti buku, majalah dan internet. Tugas-tugas ditulis secara jelas guna mengurangi pertanyaan dari peserta didik tentang hal-hal yang seharusnya peserta didik dapat melakukannya, misalnya tentang tugas diskusi. Judul diskusi diberikan secara jelas dan didiskusikan dengan siapa, berapa orang dalam satu kelompok diskusi dan berapa lama.
(3) Struktur LKPD
Struktur LKPD yang akan disusun adalah sebagai berikut:
a. Petunjuk belajar
b. Dasar teori
c. Kompetensi dasar
d. Topik
e. Tujuan
f. Alat dan Bahan
g. Langkah kerja
h. Tabel pengamatan
i. Pertanyaan
j. Kesimpulan
Peta kebutuhan LKPD sangat diperlukan guna mengetahui jumlah dan urutan LKPD yang harus ditulis. Urutan LKPD ini sangat diperlukan dalam menentukan prioritas penulisan. Diawali dengan analisis kurikulum dan analisis sumber belajar maka akan disusun menjadi tiga LKPD, sesuai dengan materi pokok.
2) Menentukan judul-judul LKPD
Judul LKPD ditentukan atas dasar kompetensi-kompetensi dasar dan materi-materi pokok dalam kurikulum. LKPD yang disusun terdiri dari tiga judul yaitu: Komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia.
3) Penulisan LKPD
Penulisan LKPD dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
(1) Perumusan kompetensi dasar yang harus dikuasai
Rumusan kompetensi dasar pada LKPD langsung diturunkan dari buku kurikulum KTSP.
(2) Penyusunan Materi
Materi LKPD sangat tergantung pada kompetensi dasar yang akan dicapai. Materi LKPD berupa informasi pendukung, yaitu gambaran umum atau ruang lingkup substansi yang akan dipelajari. Materi diambil dari berbagai sumber seperti buku, majalah dan internet. Tugas-tugas ditulis secara jelas guna mengurangi pertanyaan dari peserta didik tentang hal-hal yang seharusnya peserta didik dapat melakukannya, misalnya tentang tugas diskusi. Judul diskusi diberikan secara jelas dan didiskusikan dengan siapa, berapa orang dalam satu kelompok diskusi dan berapa lama.
(3) Struktur LKPD
Struktur LKPD yang akan disusun adalah sebagai berikut:
a. Petunjuk belajar
b. Dasar teori
c. Kompetensi dasar
d. Topik
e. Tujuan
f. Alat dan Bahan
g. Langkah kerja
h. Tabel pengamatan
i. Pertanyaan
j. Kesimpulan
(d) Menentukan alat penilaian
0 komentar:
Posting Komentar