Rabu, 09 Juli 2014

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER II

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD-01) 
PERANAN KOMPONEN EKOSISTEM

I.         Kompetensi Dasar
4.1                Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
II.      Tujuan
1.      Diberikan lembar kerja peserta didik tentang komponen ekosistem, siswa dapat menyebutkan komponen ekosistem sesuai hasil pengamatan.
2.      Diberikan lembar kerja peserta didik tentang komponen ekosistem, siswa mampu mendeskripsikan hubungan antara komponen biotik dan abiotik sesuai hasil pengamatan.


III.   Dasar Teori
       Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada. Dalam ekosistem, organisme dalam komunitas berkembang bersama-sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem. Organisme akan beradaptasi dengan lingkungan fisik, sebaliknya organisme juga memengaruhi lingkungan fisik untuk keperluan hidup. Kehadiran, kelimpahan dan penyebaran suatu spesies dalam ekosistem ditentukan oleh tingkat ketersediaan sumber daya serta kondisi faktor kimiawi dan fisis yang harus berada dalam kisaran yang dapat ditoleransi oleh spesies tersebut, inilah yang disebut dengan hukum toleransi. Misalnya: Panda memiliki toleransi yang luas terhadap suhu, namun memiliki toleransi yang sempit terhadap makanannya, yaitu bambu. Dengan demikian, panda dapat hidup di ekosistem dengan kondisi apapun asalkan dalam ekosistem tersebut terdapat bambu sebagai sumber makanannya. Berbeda dengan makhluk hidup yang lain, manusia dapat memperlebar kisaran toleransinya karena kemampuannya untuk berpikir, mengembangkan teknologi dan memanipulasi alam.Matahari merupakan sumber energi bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini. Tumbuhan hijau, tanpa bantuan sinar matahari tidak akan mampu berfotosintesis untuk menyusun bahan organik yang akan dimanfaatkan oleh semua organisme. Energi berpindah dari produsen ke konsumen dan berakhir pada pengurai yang akan melepaskan energi yang telah diuraikan dari sisa makhluk hidup yang telah mati dalam bentuk energi panas ke lingkungan. Aliran energi merupakan rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi yang lain dimulai dari sinar matahari lalu ke produsen, konsumen, sampai ke pengurai di dalam tanah.

I.         Alat dan Bahan
1.                  LKPD
2.                  Alat tulis

II.      Prosedur kerja
1.      Bacalah buku pegangan Anda tentang komponen ekosistem dalam aliran energi.
2.      Lakukan pengamatan sesuai dengan langkah kerja.
Apabila ada kesulitan, mintalah bimbingan guru.
a.    A.Lakukanlah pengamatan terhadap pekarangan sekolah, kolam, dan parit (selokan)  kemudian isilah tabel di bawah ini

Jenis Ekosistem
Komponen Abiotik
Komponen Biotik










b.    B.  Amatilah interaksi komponen abiotik dan biotik yang Anda temukan, kemudian isilah tabel di bawah ini
Komponen biotik
Bentuk interaksi yang ditemukan






















a.  C.   Lakukanlah pengamatan terhadap kolam, pekarangan sekolah, dan parit(selokan). Isilah  tabel di bawah ini berdasarkan hasil pengamatan 
Tempat pengamatan
Karakteristik ekosistem

Kolam 
Komponen abiotik….

Komponen biotik….

Bentuk interaksi yang ditemukan….

Pekarangan sekolah







Selokan






Pertanyaan
1.    Bagaimana cara komponen biotik yang anda temukan pada tabel a memperoleh energi? Jelaskan!
Jawab:.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Berdasarkan bentuk interaksi pada table b, apakah semua interaksi menguntungkan kedua spesies tersebut? Jelaskan!
Jawab:..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.    Faktor apa yang menyebabkan adanya karakteristik tersendiri pada setiap tipe ekosistem?
Jawab:..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.    Berdasarkan pengamatan bagaimana hubungan komponen abiotik dan biotik dalam  suatu ekosistem? Jelaskan!, Jawab:................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kesimpulan
Daftar pustaka

Diah Aryulina, dkk. 2006. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: Esis.
Saktiyono. 2008. SeribuPena Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Suryati, Herfen. 2010. Cerdas Biologi untuk kelas X SMA/MA. Bontang.








0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More